Keindahan Alam di Tebing Keraton

Rental Mobil Bandung – belum lengkap acara liburan anda ke Kota Bandung kalau belum meluangkan sedikit waktu untuk jalan – jalan ke Bukit Keraton. Kawasan wisata ini kini sedang ngehits di kalangan pelancong yang berwisata ke Kota Bandung. Spot wisata yang sangat cocok untuk melakukan selfie adalah menjadi magnet wisata tersendiri bagi turis asing. Terletak di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda ( Tahura ), Dago, objek wisata ini menjadi salah satu ikon wisata terpopuler di Bandung. Meskipun sebenarnya ada spot lainnya yang mirip dengan Tebing Keraton, seperti Bukit Moko ataupun Puncak Bintang.

Dari Tebing Keraton, pengunjung bisa melakukan jalan – jalan di Tahura atau kembali ke penginapan di hotel – hotel berbintang yang tak jauh dari kawasan ini. Kawasan Tahura merupakan bagian objek wisata yang masuk ke dalam Program Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata terbesar di Jawa Barat. Tebing Keraton adalah menjadi bagian wisata di Bandung yang sangat disukai oleh para pelaku usaha agen travel.

Apa yang ada di kawasan wisata ini ?

Kesejukan dan pemandangan indah dari alam liar yang selalu menghijau di sepanjang tahun merupakan daya tarik tersendiri di tempat wisata ini dengan tiket masuk seharga Rp11.000 per orang. Disinilah biasanya para wisatawan bisa melakukan foto – foto santai alias selfie dengan latarbelakang hijaunya alam pegunungan yang tampak alami dari kejauhan. Keindahan lain yang dapat anda nikmati adalah turunnya kabut tebal berwarna putih bersih yang menghiasi pucuk pohon – pohon cemara hutan dan memunculkan semburat warna langit di pagi dan sore hari.

Berkunjung ke tempat ini merupakan sensasi tersendiri bagi anda yang menyukai hobi foto – foto dan memang rasanya kurang lengkap apabila anda kesini tanpa melewatinya dengan acara foto – foto dengan latarbelakang keindahan tebing keraton. Selain foto di dekat pagar pembatas, biasanya para pengunjung suka melakukan selfie di atas batu. Tak jarang pula beberapa diantaranya mengabadikan keindahan di area ini dengan menggunakan trik drone.

Untuk Rute Ke Tebing Keraton

Dari keluar Tol Pasteur ambil ke arah Dago ( Jalan Ir. H. Juanda ) dari Simpang Dago lurus terus ke arah Hotel Sheraton sampai anda melewati Dago Tea House dan Terminal Dago. Tidak jauh dari Terminal Dago, ada jalan bercabang, ambil ke kanan ke arah Bukit Dago Pakar.

Dari sana beberapa ratus meter ada cabang lagi maka ambillah ke kanan lagi menuju ke arah Bukit Dago Pakar. Beberapa ratus meter dari sana, dekat dengan Indomaret di sisi kiri jalan, ada belokan ke kiri menuju ke arah Tahura ( Taman Hutan Raya ) Ir. H. Juanda. Belok kiri  dan ikuti papan petunjuk jalan maka anda akan menemukan jalanan menanjak beberapa ratus meter.

Di sebelah kiri ada gerbang masuk dan tempat parkir luas untuk pengunjung Tahura. Tidak jauh dari sana ada jalan bercabang di dekat kompleks warung – warung angkringan. Jalanan ke kanan ada tulisan Bukit Pakar Utara, belok kanan, dari sini jalanan makin menanjak dan melewati hutan di sisi kiri sampai anda menemukan tulisan ‘ Warban ’ alias Warung Bandrek ( kompleks warung angkringan untuk beristirahat ) dan ada dua cabang jalan kecil.

Disinilah biasanya para tukang ojek menunggu tumpangan mereka. Anda bisa naik ojek atau memutuskan jalan kaki menuju ke lokasi tujuan. Dari kejauhan mulai tampak pemandangan bukit – bukit hijau serta rumah – rumah penduduk yang berprofesi sebagai petani sayur di lereng bukit. Tak berapa lama anda akan menjumpai pemukiman warga setempat. Jalanan akan terlihat berbelok ke kanan, ikuti jalan tersebut sampai habis ke ujungnya. Tidak jauh dari sana ada belokan ke kiri yang agak curam. Dibelokan itu ada papan penunjuk sementara pertama.

Sekitar 100 meter terakhir, jalanan sangat curam dan berbatu – batu serta sempit. Tak lama kemudian ada beberapa warung untuk anda singgah sebentar jika kelelahan dan mulai merasa bosan, di sebelah kanan dan kiri ada bangunan – bangunan tua seperti gapura yang merupakan pintu masuk ke kawasan wisata tebing keraton.

Demikian kami memberikan petunjuk kecil kepada para pengunjung yang baru pertama kali kesini buat menikmati wisata alam di tebing keraton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *