Kawah Tangkuban Perahu

Rental Mobil Bandung – Gunung Tangkuban Perahu masih merupakan gunung berapi yang aktif dan sesekali menggeliat bangun dari tidurnya yang tampak dari kabut hitam pekat di atas kawah gunung. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 1952, dengan melontarkan abu vulkanik setinggi 50 m. Sedangkan letusan besar yang terakhir adalah terjadi pada tahun 1910, dengan kolom asap setinggi 2 km yang berasal dari Kawah Ratu.

Ucapan selamat datang dalam tiga bahasa, Sunda, Indonesia, Inggris, dan papan-papan nama dari kayu atau plat besi yang bertuliskan “ Kawah Ratu di Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu “, dipasang di depan titik pengamatan pertama ke arah menuju kawasan wisata Kawah Ratu. Ada lagi papan nama lain di ujung area parkir kendaraan yang berlokasi lebih jauh ke dalam area wisata.

Gunung Tangkuban Perahu diperkirakan lahir lebih dari 100 ribu tahun yang lalu. Gunung ini dikatakan masih aktif jika masih ada proses magma, berupa suhu tinggi, gas, dan kadang – kadang gempa kecil di atas atau di bawah permukaan bumi. Asap tebal, sumber air panas yang mengandung CO2, SO2, HCl, H2S dan / atau CO, adalah indikasi adanya keaktifan gunung.

Pemandangan di sekitar Kawah Ratu yang elok dari titik pemberhentian pertama di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu merupakan pesona alam yang begitu mengangumkan untuk dinikmati sebagai paket liburan wisata alam. Ada banyak sekali titik pandang ke Kawah Ratu Tangkuban Perahu ini, sehingga sangat memudahkan anda berkunjung di sekitarnya dengan aman dan nyaman. Selain tampak seluruh tepian Kawah Ratu yang begitu alami, ada pula objek pandang lainnya untuk melihat pemandangan alam di sekitar kawah berupa hutan lindung nan menghijau.

Udara di sekitar Kawah Ratu Tangkuban Perahu ini terasa cukup dingin pada waktu malam hari tetapi sejuk ketika siang hari, rata – rata kisaran 17° C pada siang hari dan 2° C pada malam hari, karena kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ini berlokasi pada ketinggian 1830 mdpl. Hawa dingin lebih terasa membelai kulit jika angin bertiup keras, yang kadang – kadang membawa bau gas belerang menyengat hidung.

Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Kawasan wisata alam Tangkuban Perahu adalah salah satu destinasi wisata alam yang terdapat di Provinsi Jawa Barat, secara administratif terletak diantara dua daerah yaitu Kabupaten Subang dan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Area wisata alam Tangkuban Perahu terletak pada ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut, tidak mengherankan jika di lokasi ini udara terasa sangat dingin, rata – rata suhu udara pada siang hari adalah 17 derajat celcius, sementara pada malam hari bisa mencapai 2 derajat celcius.

Taman wisata alam Tangkuban Perahu menyimpan pesona pemandangan alam yang indah, dimana objek wisatanya yang paling terkenal adalah berupa kawah sisa letusan gunung Tangkuban Perahu pada masa silam. Kawah yang bisa dilihat oleh para pengunjung di lokasi wisata ini diantaranya adalah Kawah Ratu ( kawah paling besar ), Kawah Domas, Kawah Baru dan Kawah Upas, tetapi saat ini Kawah Upas tidak dibuka untuk umum.

Namun, saat ini Kawah Upas saat ini tidak dibuka untuk umum. Selain objek wisata alam berupa kawah, taman wisata yang terletak di sekitar Cikole Lembang ini mempunyai area permainan luar ruang yang cocok digunakan untuk kegiatan outing dari rombongan baik dari perusahaan maupun sekolah.

Taman wisata alam Tangkuban Perahu berlokasi di sebelah utara kawasan wisata Lembang, jarak dari Kota Bandung adalah sekitar 30 km yang dapat ditempuh sekitar lebih dari 1 jam perjalanan dalam kondisi jalanan lancar. Wisatawan dapat menggunakan jalur Bandung – Lembang maupun melalui Tol Cipali – Subang – Ciater – Lembang. Apabila anda menggunakan rute Bandung – Lembang maka banyak melewati objek wisata lain yang bisa anda kunjungi seperti Farmhouse Lembang, Floating Market dan De’ranch.

Demikian kami menjelaskan secara singkat, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *