Alun – Alun Kota Bandung

Rental Mobil Bandung – Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, sejak dulu dikenal dengan nama Masjid Agung Bandung adalah masjid yang berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Status masjid ini adalah sebagai masjid provinsi terbesar bagi Jawa Barat. Masjid ini pertama kali dibangun tahun 1810, dan sejak didirikannya, Masjid Agung banyak mengalami delapan kali perombakan yang dimulai pada abad ke – 19, kemudian lima kali pada abad ke 20 sampai akhirnya direnovasi total pada tahun 2001 yang lalu. Masjid baru ini bercorak Arab, menggantikan Masjid Agung yang lama menonjolkan corak khas Sunda pada arsitekturnya.

Masjid Raya Bandung, seperti yang anda lihat sekarang, terdapat dua menara kembar pada bagian sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter yang dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu. Atap masjid seperti atap joglo merupakan satu kubah besar pada atap tengah dan yang lebih kecil pada atap kiri – kanan masjid serta dinding masjid terbuat dari batu alam kualitas tinggi. Luas tanah dan halaman keseluruhan dari masjid adalah 23.448 m² dengan luas bangunan sekitar 8.575 m² yang mampu menampung sekitar 13.000 jamaah.

Masjid Raya Bandung berada di alun – alun Kota Bandung dekat dengan ruas jalan Asia – Afrika, merupakan pusat Kota Bandung. Lokasinya berada di pusat keramaian kota sehingga mudah untuk ditemukan. Tak jauh dari masjid ini, di ruas jalan yang sama adalah berdiri megah Gedung Merdeka dan Hotel Preanger, dua bangunan yang mencerminkan sejarah Konferensi Asia – Afrika tahun 1955. Ruas jalan antara Hotel Savoy Homann dan Gedung Asia – Afrika ini menjadi saksi utama perjalanan para pemimpin negara – negara Asia Afrika yang berjalan kaki dari Hotel Homman tempat mereka menginap ke lokasi konfrensi di Gedung Asia Afrika termasuk untuk sholat di Masjid Agung Bandung dan sebaliknya.

Apa yang anda lakukan di sana ?

Bisa melakukan paket wisata edukasi di samping berburu kulineran khas Kota Bandung dan menikmati wisata belanja murah merupakan kegiatan wisata yang sangat digemari oleh turis asing maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini untuk beragam keperluan.

Kemegahan Masjid Agung Bandung pada jaman dulu diabadikan hingga saat ini ke dalam lukisan – lukisan suvenir oleh pelukis Inggris terkenal di Indonesia bernama W. Spreat pada tahun 1852. Dari lukisan tersebut, ciri khas yang ditonjolkan adalah atap limas besar bersusun tiga tinggi menjulang dan mayarakat setempat menyebutnya dengan istilah bale nyungcung. Dimana selanjutnya, bangunan masjid kembali mengalami perubahan sekitar tahun 1875 dengan penambahan pondasi dan pagar tembok yang mengelilingi masjid dibuat berdasarkan arsitektur Arab.

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat Bandung berhasil menjadikan masjid ini sebagai pusat kegiatan keagamaan yang fokus melibatkan banyak umat di dalamnya seperti pengajian, perayaan Muludan, Rajaban atau peringatan hari besar Islam bahkan dimanfaatkan sebagai tempat dilangsungkan akad nikah dari seluruh Indonesia. Pada tahun 1900, untuk melengkapinya, sejumlah perubahan besar pun dilakukan seperti pembuatan mihrab dan pawestren ( teras di samping kiri dan kanan bangunan utama mesjid ).

Demikian kami melaporkan secara singkat tentang objek wisata edukasi dan spiritual yang terdapat di alun – alun Kota Bandung, cocok buat anda kunjungi ketika berlibur ke sini.

One Response so far.

  1. Tenang ya sepertinya mesjidnya, jadi pengen main kesana gan 😀

    Salam Rizky Jaya Rental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *